Kisah di Kuliah Kerja Nyata (Part 1)

13 Juni 2016, tepat pada acara pelepasan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik UPI 2016. Acara pelepasan ini diikuti oleh semua peserta KKN tahun 2016 dari berbagai daerah yang sudah dibentuk dalam sebuah kelompok yang pada sebelumnya sudah dalam persiapan selama 2 minggu lebih. Pada persiapan KKN ini, setiap kelompok di perintahkan oleh LPPM (Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat) yang bertindak sebagai panitia dari kegiatan KKN ini untuk membuat proposal KKN. Tujuan dari proposal KKN ini adalah untuk belajar bagaimana menyusun konsep dalam membangun suatu desa. Tetapi sebagian besar kelompok belum terlalu paham terhadap adanya tugas ini. Begitupun kelompok saya yang terdiri dari 8 orang dari berbagai jurusan dan juga kelompok saya ini adalah kelompok paling sedikit di antara semua kelompok. Kelompok saya beranggotakan saya sendiri, Donny, Ojan, Moci, Diah, Risma, Nisa, dan Alica. Mereka adalah teman yang akan bersama berjuang untuk membangun sebuah desa, tepatnya di Desa Langgeng Sari, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu. Terbilang daerah yang sangat jauh dari tempat asal saya dari Bandung. Perkumpulan pertama pun kami mulai setelah 2 hari pembentukan kelompok resmi dari LPPM. Tetapi pada saat kumpul pertama, hanya saya, Donny, Ojan, Moci, dan Alica yang hadir pada saat itu. Karena sisanya masih berada di kampung halamannya. Nah, saat perkumpulan inilah yang membuat saya kagum sekaligus lucu, karena tempat yang mayoritas digunakan untuk kumpul yaitu di Masjid Al-Furqon UPI penuh oleh ratusan mahasiswa yang sedang mempersiapkan KKN yang hanya tersisa beberapa hari lagi.

IMG_20160523_165237
Suasana perkumpulan Mahasiswa KKN di Al-Furqon

Beberapa hari kemudian, tiba deadline pengumpulan proposal KKN. Sekitar pukul 13.00 mahasiswa yang akan mengumpulkan proposal sudah sangat banyak dan mengantri sampai keluar pintu LPPM. Pada saat itu pun saya dengan teman saya bernama Jaka datang ke LPPM sekitar pukul 14.00, dan saya kaget karena terlihat antrian orang yang sampai keluar pintu LPPM.

 

136241.jpg
Suasana gedung LPPM oleh Mahasiswa KKN

Semua terlihat membawa proposal yang telah dibuat yang nantinya akan diperlihatkan ke panitia KKN dan memungkinkan juga untuk direvisi.

Setelah ada pengumpulan proposal, dijadwalkan kepada mahasiswa untuk mengikuti Diklat KKN dan dijadwalkan berdasarkan daerah yang telah ditentukan oleh panitia KKN. Pada saat itu, saya dan daerah kabupaten Indramayu mendapatkan jadwal hari rabu pukul 13.00. Diklat ini diadakan bertujuan supaya mahasiswa lebih paham dan lebih siap untuk terjun ke masyarakat sesuai dengan tema nya masing-masing kelompok.

Dan akhirnya tiba pelepasan mahasiswa KKN TEMATIK UPI 2016 pada tanggal 13 Juni 2016 pukul 08.00. Acara yang dihadiri seluruh petinggi UPI dan Mahasiswa KKN TEMATIK UPI 2016 yang mewarnai dan memeriahkan acara.

136240
Pelepasan Mahasiswa KKN TEMATIK UPI 2016

Bersambung..

Tinggalkan Balasan

